tgl 23 – 26 Juni kemaren anak-anak misninar (termasuk aq) mengikuti kemping rohani di  daerah pohsarang, kediri. selama retret ada hal-hal yang menyenangkan dan ada yang tidak menyenangkan juga hehe…(sampe pengen pulang rasanya).

  • 23 Juni….

persiapan berangkat ke rumah retret “BETLEHEM”. perjalanan kira-kira 3,5 jam. hari pertama ini, acara-acara berlangsung cukup teratur, meski sejujurnya acara di hari pertama  ini agak membosankan bagiku hehehe…waktu malem hari, sekitar jam 12 malem, kita para panitia berencana survey rute jurit malam (acara turun-temurun yang biasanya selalu diadakan di retret misdinar). entah kenapa, pada saat itu aq sama sekali ga takut dan sangat bersemangat survey jalan (padahal di tengah-tengah hutan loh). tapi…baru seperempat perjalanan, ada 2 panitia cewek yang bener2 ketakutan sampe nangis, mereka mundur dari survey saat itu dan berniat pulang ke kamar. akhirnya  kita, rombongan panitia pulang karena waktu dianggap terlalu malam dan kondisi yang terlalu capek. dari beberapa anak ada yang bilang kalo perasaan mereka “ga enak” waktu memasuki hutan itu, dan beberapa panitia sudah ga setuju untuk mengambil rute itu untuk jurit malem.

  • 24 Juni…

hari kedua yang cukup menyenangkan…!!! game besar di hari kedua ini adalah outbond. mnurutku para peserta seneng dan menikmati permainan outbond, mereka hepi main-nya, yah baguslah. malem hari-nya, para panitia yang survey rute jurit malem lagi (cuma untuk yang berani saja). memang rutenya sangat-sangat gelap masuk hutan pula, aq sendiri ga akan berani kalo survey cuma ber-2 ato 3 orang, untungnya wta survey hampir 10 orang hehe.  nah…saat memasuki hutan itu, kira-kira setengah perjalanan, kita pun kesasar. muter-muter nyari jalan di tengah hutan. padahal siang hari-nya panitia sudah ngasih tanda di sekitar jalan itu. tapi malem hari-nya, tanda2nya hilang. akhirnya kita putuskan untuk kembali pulang saja. ada beberapa panitia yang ngotot untuk mengambil rute itu untuk jurit malem, tapi ada beberapa panitia yang bener2 tidak setuju untuk ngambil rute itu dengan alasan keamanan-nya. di hari kedua ini…banyak terjadi perdebatan karena 1 masalah itu, sampai2 ketua retret ini pingsan saat rapat (sangat terbebani), wakil ketua nangis karena ketakutan ngeliat ketua-nya yang pingsan.

  • 25 Juni…

game rally di hari ketiga berjalan cukup lancar, meski bener2 kurang persiapan hehehe….(ga ada waktu untuk nyiapin). malem hari-nya…acara jurit malem resmi dibatalkan, tapi diganti dengan acara jalan-jalan malem, dengan rute yang berbeda, rute yang sangat aman….toh banyak lampu jadi terang deh…

  • 26 Juni…

PULANG…PULANG…aq seneng banget bisa pulang di hari ini, bener2 capek…di bus semua anak tertidur. tapi setelah 2 jam perjalanan, anak-anak mulai bangun. panitia juga mulai bangun, lalu kita nyanyi-nyanyi bersama di bus, SERU banget ^____^ acara paling seru adalah acara di bus ini hahaha, bener2 legaa………

menurutku….di retret kali ini, kita para panitia kurang persiapan, tapi menurutku anak-anak tetep menikmati tiap acara yang disuguhkan kok, mereka keliatan sangat hepi saat mengikuti permainan2. satu hal yang aq ga suka adalah….ada 1 panitia cewe (anggap namanya nina ), dia bukan ketua panitia tapi seakan-akan dalam retret ini dia mengambil alih kekuasaan ketua. bahkan waktu siang-siang mau rapat, si dia (panitia yang aq ga suka itu) blum dateng, tapi panitia yang lain udah ngumpul. trus aq bilang sama si ketua…

intan     :”ayo ga di mulai rapat-nya?”

ketua    :”bentar, tunggu ketuanya”

intan     :”he? ketua-nya itu kamu loh”

ketua    :”hmmm…iya sih..tapi…”

menurutku si nina terlalu ikut campur urusan ketua sampai2 ketua pun nurut2 sama dia, dalam rapat yang di pimpin sama nina , dia terlalu meng-kritik masalah-masalah dan kekurang siapan para panitia dalam game2 yang ada. aq merasa kasian sama tim perlengkapan, acara, dan si ketua, mereka merasa tertuduh. padahal menurutku, retret ini berjalan cukup lancar kok! jangan buat para panitia semakin jatuh mental donk! selama 4 hari retret, ada juga masalah yang ditimbulkan oleh 2 pasang pasangan yang baru saja pacaran hehehe…mereka ber-2 an terus, padahal ini kan kemping rohani, bukan tempat pacaran. malah mereka sempet berantem-berantem, capek deh….mosok dalam 4 hari, mereka bertengkar hampir tiap hari ckckckck….bertengkar apa sih? hehe…

yah…begitulah…menurutku retret ini berjalan lancar-lancar aja kok….meski si nina meng-kritik aneh-aneh yang makin menjatuhkan mental para panitia. rasanya taun depan aq ga ikut retret misdinar lagi deh…aq udah digusur dari misdinar hahahahaha….udah terlalu tua untuk umut misdinar