Aq merasa ilmu mandarinq selama ini ga maju2 ya, terbukti sejak pindah les di CLC langsung merasa tertinggal jauh dengan teman-teman sekelas TT_TT. Ini sudah pertemuan kelima, memang harusnya aq ga di level ini deh, karena teman-teman sekelas rata2 punya basic dan latar belakang mandarin yang cukup kuat. Kami sekelas 4 siswa :

  1. siswa 1 : Sudah pernah study tour ke china 6 bulan, huebat bgt nulis han zi’nya. Sebelum ke cina, dia udh kursus mandarin di xin zhong.
  2. siswa 2 : Sudah kerja, para manajer adalah orang taiwan, dan dia bekerja sebagai sekertaris. Blah otomatis ben hari ngomong mandarin iku.
  3. siswa 3 : Masih kuliah, Belum pernah study tour ke cina, sehari-hari komunikasi dengan keluarga menggunakan mandarin.
  4. siswa 4 : aku. Blas ga perna pake mandarin2’an di rmh, jowo iya….

Gimana ini mengejar ketinggalan di kelas ya? Sebenarnya yg sulit itu vocab2nya, krn hal baru utk aq. Apalagi aq ngambil kursus yg mandarin bisnis, jadi topik2 yg dibahas seputar kegiatan bank, hotel, reservasi, perkantoran, pekerjaan, pajak…. astaganaga aduh biyung biyung… topik yg blm bisa aq bayangkan karena blm banyak mengalami ==’

Hari ini pas les agak ditegur sama gurunya, katanya “kalau mikir agak cepet dikit”. Mikire kelamaan karena memang ws nyerah ga ngerti ngemeng epe seh? Aq heran sm teman2 sekelas yg bisa hapal dengan semuuaaaa vocab yg perna diksh. aigooo

Susahnya punya otak agak lemot, mau masukin data aja susahnya minta ampun, kudu diupgrade prosesornya. bli dmn yo? Rasanya tambah tua, otakku ini tambah lemah, pengen melakukan aktifitas yang bisa meningkatkan daya ingat *ben pinter*.