September 2013 yang lalu akhirnyaaaa aq berangkat juga ke China untuk studi bahasa mandarin di shaoguan university. Kampusku terletak di kota shaoguan, daerah guangdong. Letaknya di China bagian selatan. Kota ini sangat terkenal dengan keindahan alamnya,banyak sekali gunung dan lembah disana bahkan tepat dibelakang balkon asramaku adalah gunung shaoguan. Beberapa hari sebelum berangkat aq tidak begitu banyak mempersiapkan barang-barang, mengingat aq tuh orangnya “apa aja oke kok”. Proses packing koper dimulai 6 jam sebelum aq berangkat hehehe… aq akui kali ini aq terlalu nekat untuk packingnya, terlalu mepet dan mendadak, gimana lagiiii ga ada waktuu… tiap hari full day di toko begini dan begitu.

Barang-barang yang aq bawa ya cuma beberapa helai kaos dan blus, 1 jeans panjang, 2 shortpants, 2 sandal pergi, dan sabun shampo odol secukupnya (sachet dan kemasan kecil). Pokoknya seperti kalau berangkat retret gitu hahaha… lagian disana semua barang pasti ada, tinggal beli kan? China kan lebih murah?? Tidak begitu banyak yang aq persiapkan, semuanya juga terasa biasa-biasa aja, padahal ini adalah keberangkatan luar negri yang pertama bagiku hlooo hehehe… sebelumnya ga pernah ke LN.

Pesawatku berangkat jam 3.30 subuh, kami kumpul di bandara juanda jam 2 pagi. Saat itu jam 24.00…. jantungku mulai dag-dig-dug… kali ini aq sedikit nervous, yang terlintas dipikiranku “bentar lagi berangkat, bentar lagi berpisah, bentar lagi ga ketemu, ada barang yang ketinggalan ga ya? kok rasanya semua sudah komplit deh, duitnya tunainya cukup ga ya? dan lain-lain”

Dan berangkatlah aq ke bandara di antar oleh mama dan koko. Papa tidak bisa antar karena besok  minggu ada keperluan untuk bangun pagi. Di bandara bertemu dengan para rombongan lain, rasanya “wahhh halo halo halo”. Tibalah saatnya kami untuk berpisah dengan keluarga yang mengantar, kali ini ya untuk pertama kalinya aq merasakan yang namanya perpisahan huahahaha….. aslii lebayyy, tapi memang itu yang aq rasakan dalam hati. Untuk pertama kalinya aq pergi jauuuhhh dan dalam jangka waktu yang cukup lama. Suan laahh…. ini kan cuma pergi sementara waktu :p.

Berangkat ke China naik pesawat garuda, transit dulu ke Jakarta, lalu baru ke guangzhou….

Dan sekarang setelah kurang lebih 1 semester tinggal di shaoguan, China. Aq merasa ini adalah beberapa hal/barang yang harus dipersiapkan sebelumnya:

  1. Uang Sangu Tunai (RMB), Passpor, Visa
    Ini wajib dan jangaaan sampai lupa ! Uang tunai di dompet paling tidak 3000 RMB, untuk jaga-jaga kalau perlu beli ini-itu di jalan. Saat itu uang tunaiku habis untuk bikin kartu bus, kartu kantin, belanja keperluan asrama, belanja keperluan sehari-hari, dan biaya hidup selama 2 minggu deh. Pokoknya pertama kali tiba banyak pengeluaran mendadak, bawalah uang sangu lebih !
  2. Mental
    Ini adalah hal yang tidak aq persiapkan saat itu. Aq merasa “aq pasti bisa, aq lo sudah biasa mandiri keluyuran ke kota-kota mana aja, ini kan cuma pergi sebentar, aq gampang bergaul sama siapa saja kok, disana pasti ketemu teman-teman baru yang asyik.” Just info…. semuanya diluar dugaanmu🙂, apa pun yang terjadi nikmati saja pengalaman baru berkumpul dengan orang-orang manca negara ini🙂.
  3. Sepatu Kets
    Maklum di indo jarang jalan kaki, sepatu kets-ku sudah butut jadi ga aq bawa ke china. Maksudnya disana mau beli saja yang bagus dan awet. Dan yang terjadi adalah… Wuikk sepatu merk adidas, nike, reebok, puma, converse Muuuaaahaalll Pwollll…. 2x lipat harga di indo bokkkk. Finally, aq beli sepatu kets merk China yang kalau di rupiahkan 300 ribu. Aq merasa dengan uang 300 ribu di indo bisa dapet sepatu yang lebih bagus🙂
  4. Shampo dan sabun yang buanyak
    Shampo di China mahaaaaallll, merk dove/pantene/head n  shoulder/ dll Mahaaaallll….. Kyaaaaa harganya 2x lipat harga di indo. Pantesan orang cina jarang mandi, ngirit shampo sabun tohhh.
  5. Kecap Manis
    Di China TIDAK ADA masakan manis. Bagi penggemar coklat atau cake-cake manis, wah… kalian pasti puasa makanan manis disana. 
  6. Saos sambel
    Di China TIDAK ADA masakan pedas. Bagi yang tidak suka masakan pedas, amaaannn…. disana ga ada makanan pedas. Bagi penggemar pedas, bawalah saos sambel sebanyak-banyaknya dari indo ^^

Meski ini adalah negara nenek moyangku, tapi aq tetap lebih mencintai Indonesia. I LOVE INDOOOOOO…. 我是印尼人。

Hahahahahahaaaa…. Saat musim dingin datang…. Lirik lagunya Michael Buble ini sangat mencerminkan isi hatiku (haha). Bayangin aja… musim dingin, di kamar sendirian, kedinginan menggigil sendirian, aigooOoOo…

Another aeroplane
Another sunny place
I’m lucky, I know
But I wanna go home
Mmmm, I’ve got to go home

Let me go home
I’m just too far from where you are
I wanna come home

Another winter day has come
And gone away
In either Paris or Rome
And I wanna go home
Let me go home

And I’m surrounded by
A million people I
Still feel alone
And let me go home