Kulitq memang tipe berjerawat, sejak jaman SMP sudah akrab dengan si dia, tiap hari selalu nongol paling enggak 1 jerawat =p. Dan yang paling parah adalah masa SMA dan kuliah, jerawat silih berganti seingatku ga pernah sehari tanpa jerawat, dan aq yakin saah satu penyebabnya karena hormon dalam tubuh yang sedang naik turun, biasalah cewek… ~~ Saat masa sekolah/kuliah kegiatan memang banyak buangeett, berangkat jam 8 pagi sampe rumah bisa jam 9 malam dan itu ga sempet cuci muka. Apalagi kalo masa ujian masa praktikum…sampe rumah masih lanjoodd begadang sampe jam 3 pagi. Makan siang dan malam di depot dekat kampus, dan yang aq makan adalah gorengan semua (ayam penyet, nasi goreng, ayam tepung, dsb). So… selain hormon yang belum stabil ditambah gaya hidup ga sehat ditambah stres kuliah, jadilah jerawat itu nongol setiap hari.

Kuliah Luluss… taun pertama aq kerja, saat itu aq ngajar di salah satu kampus. Saat kerja di tahun pertama ini mood always happy, selain teman kerja yang menyenangkan, kerjaanq juga ga berat-berat amat, lingkungan kerja berAC, dan jauh dari kata “debu”. Tanpa kusadari jerawatku tiba-tiba bersihhh…. Jerawat itu timbul cuma saat menjelang period aja, anggap saja cuma 1 mingguan si jerawat gede nongol, tapi menurutku itu kemajuan pesaatt dibanding jaman kuliah dulu.

1 taun setelah kerja ngajar, aq ke China untuk belajar bahasa. 1 taun disana aq lalui TANPA STRES sedikitpun, bahkan ujian mandarin pun aq masih bisa haha-hihi. Udara disana begitu bersihh… makanan serba sayur mayur… tiap hari bisa nongkrong di kamar temen asrama chit & chat… tiap sore main pingpong… main dodgeball… Latihan wushu…. belanja ke pasar… menikmati kebebasan tanpa kekangan…. enggak mikirin duit… sama sekali ga mikirin coding… pulang tengah malem…. jalan-jalan ke luar kota… bolang…. Bebass… melihat dunia tanpa batas… ketemu orang baru… unjuk gigi kemampuan mandarin… Waahhh pokonya 1 taun di china benar-benar ” THE REAL FREEDOM THAT I EVER HAD”. No words can describe how happy I was. Maklum aq anak rumah yang tiap hari harus pulang sebelum jam 9 malam (kayak Cinderella aje yeh). Dan setaun di cina aq jarang banget jerawatan, bahkan saat period pun aq tidak berjerawat hloh !!! Hari ini muncul jerawat, besok sudah hilang hehehe… Hidup tanpa jerawat itu serasaa SurgAaaa bok !

Setelah kepulanganq dari cina, aq berkunjung ke tempat kerjaku yang lama, ketemu dengan mantan teman kerja mereka semuaaa bilang kalau wajahku lebih berseri, wajahku lebih bercahaya, bahkan ada yang bilang “Intan sekarang bedak’an yah… gitu dong”. PADAHALLL YAH…. HellOow dari jaman bahula aq sudah bedak’an pakai mozturizer segala macem, tapi kok baru sekarang dibilang wajahku berseri… ?? Aq berkaca dan memang aq sadar kulit wajahku lebih kenyal dan lebih kelihatan ini “kulit”. Maklum selama ini wajahku selalu dihiasi jerawat dimana-mana, berkaca pun rasanya malu sendiri.

Dari pengalaman ini, bisa aq ambil kesimpulan “HEALTH INSIDE FRESH OUTSIDE”. HATI YANG GEMBIRA ADALAH OBAT. Jadi yang perlu aq lakukan sekarang adalah menejemen stress, aq ga mau stress membuat wajahku kusyut dan jerawatan lagi. Banyak makan sayur & buah, sangat menghindari gorengan, minum vitamin, olahraga teratur, dan yang penting cuci muka rutin (termasuk facial).